πŸ„½πŸ„ΎπŸ…ƒπŸ„΄ [174] Strategi Artificial Intelligence di Inggris

Suatu formulasi sebuah strategi Artificial Intelligence yang dibikin oleh suatu negara akan menjadi harapan yang bisa diimplementasikan bila ia berangkat dari apa yang sudah dilakukannya dan apa yang sudah dicapainya.

Langkah-langkah untuk menuju cita-cita-nya bisa diurutkan berdasarkan kelanjutan langkah apa yang sudah dilakukan dan dicapai sebelumnya.

Strategi yang demikian tidak sekedar menjadi harapan abstrak yang tidak tergambarkan lintasan dan arah perjalanannya.

Salah satu contoh yang baik diperlihatkan oleh perumusan strategi Artificial Intelligence di Inggris.

Di naskah Nasional AI Strategy dituliskan apa yang sebelumnya telah dilakukan dan dicapai Inggris terkait AI.

Ini salah satu ilustrasinya:

In April 2018, the government and the UK’s AI ecosystem agreed a near Β£1 billion AI Sector Deal to boost the UK’s global position as a leader in developing AI technologies.

Langkah berikutnya dibentuk lembaga AI Council di tahun 2019 yang bertugas to provide expert advice to the government and high-level leadership of the AI ecosystem.

Awal tahun 2021 AI Council ini sudah membikin AI Roadmap yang berisi 16 butir rekomendasi bagi pemerintah tentang arah strategi AI.

Kemudian AI Council meneruskan tugasnya dengan membikin perumusan National AI Strategy.

Langkah-langkah terdahulu yang telah dilakukan dan dicapai Inggris di bidang pengembangan AI turut dipaketkan di dalam perumusan strategi AI ini.

Ini sebagai ilustrasinya:

The UK’s academic and commercial institutions are well known for conducting world-leading AI research, and the UK ranks 3rd in the world for AI publication citations per capita.

This research strength was most recently demonstrated in November 2020 when DeepMind, a UK-based AI company, used AlphaFold to find a solution to a 50-year-old grand challenge in biology.

Siapa saja yang membaca National AI Strategy Inggris ini seperti sedang membaca sebuah novel dengan karakter tokoh dan jalan cerita yang bisa hidup di dalam imajinasinya.

Ada tokoh dan perilakunya, serta ada data pencapaian prestasi sebelumnya yang akan membikin National AI Strategy sebagai rancangan proses yang mudah dicerna akal sehat.

Imajinasi pembaca setelah membaca naskah ini akan muncul berupa kekonsistenan skenario jalan cerita.

Imajinasi ini akan meyakinkan pembaca untuk mampu melihat lintasan langkah ke depan tentang apa yang akan dikerjakan dan apa yang akan dicapai Inggris dengan strategi AI ini.

Referensi:
https://www.gov.uk/government/publications/national-ai-strategy/national-ai-strategy-html-version

Categories: Tags:

Leave a comment