πŸ„½πŸ„ΎπŸ…ƒπŸ„΄ [194] Berusaha menjadi seorang amatir

Buku Show Your Work! berisi tentang mengapa kemurahan hati bisa mengalahkan kecerdasan.

Dimulai dengan upaya agar apa yang kita kerjakan dapat ditemukan orang lain.

Ini bukan promosi diri. Ini justru proses penemuan diri sendiri (it’s self-discovery).

Bila kita sudah ditemukan orang lain, biarkan orang lain memasuki ke dalam proses yang sedang kita jalani, lalu biarkan orang-orang memperoleh ide dari kita.

Buku ini dipenuhi dengan ilustrasi, kutipan, cerita, dan contoh.

Buku Show Your Work! menawarkan berbagai petunjuk transformatif untuk bersikap terbuka yang produktif.

Buku ini akan memuat panduan bagi pembaca untuk merangkul sifat komunal kreativitas yang disebut dengan ekologi bakat (ecology of talent).

Salah satu babnya berjudul Be an Amateur. Berikut ini ringkasan isinya bab itu.

Kita semua takut disebut sebagai seorang amatir.

Sifat apa yang dimiliki seorang amatir?

Seorang amatir merupakan seorang yang mengerjakan pekerjaannya berdasarkan kesukaannya; terlepas dari potensi ketenaran, uang, atau karier.

Ia tidak banyak mengalami kerugian bila membuat kesalahan. Para amatir bersedia belajar apa saja dan membagikan hasilnya.

Ia berani mengambil risiko, bereksperimen, dan menurutkan keinginannya. Terkadang dalam proses melakukan sesuatu yang secara tidak profesional itu, ia akan membuat penemuan baru.

Ia tidak takut membuat kesalahan atau terlihat konyol di depan umum.

Ia sedang jatuh cinta dengan apa yang sedang dikerjakannya. Jadi ia tidak ragu-ragu untuk melakukan pekerjaan yang orang lain mungkin akan menganggap itu pekerjaan konyol atau bodoh.

Tindakan kreatif yang terbodoh sekalipun tetaplah itu tindakan yang kreatif. Masalahnya, apakah kita mau melakukannya atau tidak mau melakukannya.

Seorang amatir mungkin tidak memiliki pelatihan formal, tetapi ia seorang pembelajar seumur hidup. Ia akan belajar secara terbuka, sehingga orang lain dapat belajar dari kegagalan dan keberhasilannya.

Ia hanyalah orang biasa yang terobsesi oleh sesuatu dan menghabiskan banyak waktu untuk menekuninya.

Terkadang para amatir malah memiliki lebih banyak hal untuk ditularkan kepada orang lain dibandingkan dengan para ahlinya sendiri.

Dunia berubah dengan sangat cepat yang akan mengubah kita semua menjadi amatir. Itu karena semakin banyak hal yang tidak kita ketahui dan kita tidak berdaya menghadapi perubahan itu.

Bahkan bagi para profesional, cara terbaik untuk berkembang menghadapi perubahan itu bisa ditempuh dengan mempertahankan semangat amatir di dalam menyiasati ketidakpastian di masa depan.

Kalau kita tidak mulai mencoba-coba mengerjakan sesuatu dengan semangat amatir, akan semakin banyak lagi hal yang tidak kita ketahui.

Carilah kesempatan untuk diisi dengan usaha kita sendiri, tidak peduli seberapa buruk awalnya.

Bagikan ke orang lain apa yang disukai dari hasil belajarnya, dan orang-orang yang menyukai hal yang sama akan menemukan kita.

Referensi:
Kleon, Austin (2014), Show Your Work!, Workman Publishing Company.

Categories: Tags: , ,

Leave a comment