Note [147] Kemampuan berpikir anak-anak yang berolahraga akan meningkat

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa secara umum olahraga akan meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir seseorang.

Sebuah tim peneliti di University of Granada, Spanyol, telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa aktivitas fisik akan dapat meningkatkan ukuran volume otak anak-anak dan meningkatkan kinerja akademiknya.

Studi oleh tim ini menemukan bahwa anak-anak yang sehat secara fisik karena berolahraga akan memiliki volume gray matter yang lebih besar di daerah frontal dan temporal otak dan juga di daerah calcarine cortex.

Bagian-bagian otak ini memegang peranan penting untuk membangun keterampilan mental seseorang yang akan membantu agar ia mampu menyelesaikan suatu tugas, serta fungsi pembelajaran, keterampilan motorik, dan pemrosesan visual.

Dari awal para peneliti berniat untuk menentukan apakah otak anak-anak yang sehat secara fisik berbeda dengan rekan-rekan mereka yang kurang bugar dan apakah ini akan mempengaruhi kinerja akademik mereka.

“Jawabannya singkat dan kuat: iya, kebugaran fisik pada anak-anak memang terkait secara langsung dengan perbedaan struktur otak yang memegang peranan penting. Perbedaan tersebut tercermin di dalam kinerja akademik anak-anak,” kata pemimpin peneliti Francisco B Ortega.

Para peneliti menemukan bahwa kemampuan motorik akan membantu meningkatkan gray matter di dua buah wilayah penting di otak yang bertugas untuk pemrosesan bahasa dan membaca, yaitu inferior frontal gyrus dan superior temporal gyrus.

Secara keseluruhan, volume gray matter yang dipengaruhi oleh kebugaran fisik karena berolahraga akan meningkatkan kinerja akademik anak-anak.

Kebugaran fisik merupakan faktor yang dapat dimodifikasi melalui latihan fisik. Melalui penggabungan latihan yang mampu meningkatkan kapasitas aerobik dan kemampuan motorik akan menjadikannya sebagai sebuah pendekatan yang efektif untuk merangsang perkembangan otak dan kinerja akademik pada anak-anak semasa sekolah.

Tim peneliti ini telah mengusulkan kepada pembuat kebijakan untuk mempraktikkan penemuannya di sekolah-sekolah agar mengajarkan pendidikan jasmani setiap hari.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di dalam jurnal NeuroImage.

Referensi:
https://www.weforum.org/agenda/2018/07/children-who-exercise-have-more-brain-power-finds-study/

Categories: Tags: , ,

Leave a comment